Si Monyet Pembaca



Tak apa aku di penjara asalkan aku bersama buku..
Mungkin itu sepenggal kata dari salah satu bapak prokmator indonesia Muh.Hatta.pria yang akrab di sapa Bung Hatta ini memang terkenal dengan koleksi buku dan kemampuan membaca beliau yang kalau di analogikan penyakit mungkin sudah stadium IV.jadi yah agak ngeri .dari berbgai sumber di sebutkan sang Hatta dapat membaca sampai 3 judul buku dalam seminggu.
                Nah..mari kita bercermin sekarang dengan diri kita sendiri yang katanya ingin mengubah dunia ini.yang katanya ingin mengembangkan diri lebih baik lagi.namun apalah daya jika hanya meliihat sampul buku saja kita sudah muless.hahahaha.lucu tapi miris...namun pada kenyataannya itulah kita.Bangsa dengan lebih dari 7 juta penduduk berada pada urutan 60 dari 61 negara yang di akui dunia yang presemtasi minat baca yang rendah dan ada satu fakta lagi bahwa perpustakaan tertinggi di dunia berada di tanah kita sobat.
                Lantas apa yang membuat mu malas dalam membaca.?kalau katanya Mba Najwa”Cukup temukan satu buku yang bisa membuat mu jatuh cinta dan temukan buku itu”
                Di saat bangsa barat sana membunuh waktu kosong mereka dengan mengelus lembaran demi lembaran kertas buku.lantas kita di indonesi a malah sibuk memfitnah orang yang lain yang mungkin jauh lebih baik di mata Tuhan.
                Namun tak semudah memutar telapak tangan.mengubah sebuah kebiasaan buruk menjadi kebiasan baik dan juga bermanfaat.Maka mulailah dengan diri sendiri sobat aku akan memberikan sedikit tips bagaimana kebiasaan membaca ku ini dapat ku naikkan yang mungkin tidak ada apa-apanya di bandingkan para pendiri bangsa kita dahulu.
1.       Jadikan membaca sebagai kegiatan pasti di setiap hari
2.       Baca apa saja yang ada,entah itu buku,koran,majalah,artikel,ataupun membaca hati doi juga boleh hehehehe.
3.       Jangan tunggu waktu luang baru baca tapi luangkanlah waktu untuk baca.
4.       Tanamkan dalalm mindset kalian bahwa hanya dengan buku aku dapat mendapatkan kepuasan hati serta ketenangan jiwa
5.       Cari tahu manfaat membaca itu sendiri
                Mungkin yang membuat kita menjadi malas akan kegiatan membaca adalah karena sejak SD dulu kegiatan baca membca selalu di kaitkan dengan pelajaran.bagaimana kita tidak bosan dan malas membaca.nah berangkat dari situlah kita membawa dogma ini dan akhirnya kita malah asing ketika kita melihat ada orang di tempat umum sedang duduk santai sambil menikmati buku yang sedang dia baca aneh....Kita yang aneh..
                Bagaimana peran pemerintah?? Kamu tanya pemerintah haaa?? Coba lihat data peprusnas bebrapa tahun belakangan saja perpusnas kita menrima banyak sekali buku dan koleksi baik fisik ataupun hardcopy.ini membutikan bahwa memang kitanya aja yang malas buat ke perpus baca buku.kita lebih senang dengan game gadget kita.”Tapi emang sih”
                Yang pertama yaitu temukan minat loe dlu apa sobat dan teruslah menggali informasinya sampai engkau berakhir di dalam buku dan teruslah membaca....

Sekian....SALAM LITERASI

Komentar

Postingan Populer